Widget HTML Atas

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK Tahun 2021

Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK Tahun 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana mengadakan rekrutmen atau seleksi guru untuk menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK atau P3K) di tahun 2021 yang akan datang. Tentunya agar mempelajari Bahan/Materi serta Kisi-kisi Seleksi PPPK tahun 2021 yang rencana akan disediakan kemendikbud melalui laman gtk.kemendikbud.

Sebelum membagikan Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK Tahun 2021, terlebih dahulu Admin akan perkenalkan mata pelajaran biologi. Mata pelajaran biologi bertujuan untuk menumbuhkan sikap spiritual dan sikap sosial, membekali pengetahun dan keterampilan kepada peserta didik yang relevan dengan biologi agar peserta didik mampu untuk menyelesaikan persoalan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pribadi dan sebagai warga negara. Belajar biologi sama dengan mempelajari diri sendiri karena biologi di SMA banyak membahas tentang struktur dan fungsi jaringan penyusun organ, peran makhluk hidup dalam lingkungan, dan hubungannya dengan kelestarian makhluk hidup di bumi. Sehingga belajar biologi merupakan kegiatan yang menarik dan menyenangkan dan membentuk pribadi yang mencintai lingkungan alam dan sosial.

Namun demikian, seperti apa pengembangan kurikulum Biologi SMA yang sesuai dengan konteks kehidupan dan tuntutan kehidupan abad 21. Bagaimana mata pelajaran biologi SMA/MA akan memberikan kontribusi terhadap pembentukan modal mausia Indonesia yang kompetetif dan adaptif yang akan melanjutkan pembangunan ke arah masa depan bangsa yang maju, mandiri, adil, dan makmur seperti yang dicita-citakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2015? Dengan memahami arah pengembangan mata pelajaran Biologi SMA diharapkan akan diimplementasikan secara align/selaras antara ide kurikulum, kurikulum sebagai dokumen, dan kurikulum sebagai proses, sehingga menghasilkan keluaran yang bermutu.

Produk IPA yang dalam Kurikulum 13 dikelompokkan sebagai aspek pengetahuan, pada tingkat SMA kelas X ranah pengetahuan berupa pengetahuan: faktual, konseptual, dan prosedural. Tingkat kompetensi aspek pengetahuan yaitu: memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan berdasarkan rasa ingintahunya.

IPA sebagai proses/metode penyelidikan (inquiry methods) meliputi cara berpikir, sikap, dan langkah-langkah kegiatan saintis untuk memperoleh produk-produk IPA atau ilmu pengetahuan ilmiah. IPA sebagai proses terdiri aspek: Kerja Ilmiah dan Keselamatan Kerja di Laboratorium.

Aspek Kerja ilmiah terdri dari dua jenis keiatan yaitu pengamatan atau eksplorasi dan eksperimental, penyelidikan, atau investigasi. Pengamatan hanya memotret/melihat apa adanya di alam terhadap fenomena atau gejala alam, sedangkan dalam penyelidikan peserta didik di kelas X harus sudah bisa menetapkan hipotesis, variable percobaan, dan menentukan pengolahan data yang dihasilkan.

Tiga langkah dalam penyelidikan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengolahan data, dan komunikasi ilmiah secara lisan dan tulisan. Dalam kegiatan penyelidikan, peserta didik juga melakukan pengamatan dari gejala alam yang diamatinya. Pengamatan menggunakan panca indera tanpa alat bantu dan juga alat bantu pengamatan, seperti lup, mikroskop, dll, atau melalui prosedur tertentu sehingga objek yang diamati menjadi visibel untuk diamati. 

Aspek kerja ilmiah dalam Kurikulum 2013 dapat dimasukkan dalam aspek keterampilan. Kelas X SMA, harapannya yaitu peserta didik mampu: mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Selain sebagai produk dan proses, IPA mengandung nilai-nilai sikap (values). Nilai-nilai atau sikap terdiri dua unsur yaitu sikap berTuhan dan sikap sosial. Dengan mempelajari IPA maka, akan tumbuh dari diri peserta didik penghayatan dan pengamalan dari ajaran agama yang dianutnya. IPA banyak mengandung muatan-muatan keimanan dan penghayatan ajaran agama dengan mengaitkan apa yang dipelajarinya dengan entitas manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dengan segala keterbatasan dan juga rahmat yang diberikan kepada manusia dengan kemampuannya mendeteksi gejala alam melalui panca inderanya, untuk mengeksplorasi alam ini, memahami proses yang berlangsung, sehingga menghasilkan kemampuan metakognitif yang tinggi dan peserta didik akan berperilaku sebagai insan yang beriman.

Sikap sosial yang ditumbuhkan dalam IPA memuat nilai-nilai karakter yang bersifat sangat “halus”, sebagai hasil dampak pengiring dari sebuah proses pembelajaran saintifik. Sikap sosial yang dapat ditumbuhkan melalui IPA antara lain yaitu menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Tujuan Mata Pelajaran Biologi SMA/MA

1.  Menumbuhkan kesadaran terhadap kompleksitas, keteraturan, keindahan keanekaragaman hayati dan bioproses, dan penerapan biologi, serta kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan dan penghayatan ajaran agama yang dianut peserta didik.untuk mengungkap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

2.  Membentuk skema pengetahuan biologi peserta didik berupa pegetahuan faktual, konsepual, dan prosedural, dan metakognitif dalam ranah konkret dan abstrak.

3.  Meningkatkan kesadaran tentang aplikasi sains dan teknologi yang bermanfaat bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat.

4.  Memberikan pengalaman kepada peserta didik pada metode ilmiah dan aspek keselamatan kerja dengan mempraktekkan metode ilmiah melalui tahapan pengamatan dan percobaan atau eksperimen, dimana peserta didik melakukan pengujian hipotesis dengan merancang melakukan, mengolah data, dan mengomunikasikan hasil eksperimen secara lisan dan tulisan untuk menumbuhkan pola pikir ilmiah sebagai bekal dalam kehidupan di abad 21.

5.  Menumbuhkan hard skill dan soft skill dalam bidang biologi secara seimbang utntuk membekali peserta didik menjadi pribadi yang memiliki kemampuan kolaboratif, komunikatif, kreatif dan inovatif serta melek media (media literacy) melalui pembelajaran berbasis inquiri, berbasis permasalahan, dan berbasis projek (Inquiry based, problem based, dan project based learning).

6.  Membentuk sikap yang positif terhadap ilmu biologi, yaitu merasa tertarik untuk mempelajari biologi sebagai kebutuhan, lebih lanjut sebagai alat pemecahan masalah dalam kehidupan baik secara individu dan masyarakat.

Ruang Lingkup Mata Pelajaran Biologi SMA/MA. Biologi sebagai bagian dari struktur keilmuan IPA tidak terlepas dari hukum-hukum dan karakteristik dalam IPA. Biologi juga terdiri dari produk dan proses, serta menumbuhkan sikap dan nilai pada diri peserta didik. Namun demikian, sebagai bidang kajian tersendiri, Biologi memiliki karakteristik khusus yang berbeda dari kajian IPA lainnya seperti fisika dan kimia.

Biologi mempelajari tentang gejala-gejala alam pada makhluk hidup dan perikehidupan, serta kaitan biologi dengan lingkungan alam dan sosial. Maka Biologi mempelajari tentang Bioproses yang berlangsung pada objek biologi berupa kingdom makhluk hidup dan bioproses pada tingkat organisasi kehidupan dari mulai seluler hingga biosfer. Biologi memiliki tema-tema kajian yang dapat dikaji dari bioproses yang terjadi pada objek biologi dan struktur organisasi kehidupan.

Biologi sebagai keilmuan memiliki ruang lingkup berupa: Objek Biologi, berupa kingdom atau kerajaan makhluk hidup, Tingkat Organisasi Kehidupan, mulai dari molekul sampai dengan biosfer, dan Tema persoalan dalam biologi, terdiri dari 9 (Sembilan) tema.

1.  Ruang Lingkup Biologi yang termasuk objek Biologi, yaitu:

Menurut Withaker (1969), objek kajian biologi yang berupa seluruh ragam kehidupan dikelompokkan menjadi 5 dunia kehidupan (kingdom), dan sembilan tema. Sedangkan menurut Carl Woose (1977), kingdom monera dibedakan menjadi dua subkingdom, yakni Archaebacteria dan Eubacteria.

a.   Monera

b.   Protista

c.   Mycota (Fungi)

d.   Plantae

e.   Animalia

 

2.  Ruang Lingkup Biologi yang termasuk organisasi kehidupan, yaitu:

Semua objek tersebut dikaji pada berbagai tingkat organisasi kehidupan yang meliputi tujuh tingkat, yaitu mulai dari tingkat molekul, sel, jaringan dan organ, individu (organisme), populasi, komunitas, serta biosfer. Urutan tingkatan biologi dan orga¬ni¬sa¬sinya dinamakan hierarki kehidupan.

a.   Molekule

b.   Sel

c.   Jaringan dan organ

d.   Organisme

e.   Populasi

f.    Komunitas

g.   Biosfer

3.  Ruang Lingkup Biologi yang termasuk tema-tema Biologi, yaitu:

a.   Biologi sebagai penemuan (inquiry)

b.   Sejarah perkembangan biologi,

c.   Keanekaragaman dan keseragaman,

d.   Hubungan struktur dan fungsi,

e.   Genetika dan keberlangsungan hidup,

f.    Organisme dan lingkungan,

g.   Perilaku organisme,

h.   Evolusi,

i.    Regulasi dan homeostasis.

Berikut ini Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK Tahun 2021. Semoga dapat digunakan sebagai bahan pengayaan mengahadapi seleksi PPPK yang akan datang.

Link download Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK Tahun 2021 beserta Kunci Jawabannya atau Pembahasannya (DISINI)

Tidak ada komentar untuk "Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK Tahun 2021"