-->

IKLAN RESPONSIF

Kisi-kisi TKP CPNS 2021: 15 Poin Penting yang Wajib Anda Ketahui

Kisi-kisi TKP CPNS 2021 - Dalam artikel ini dijelaskan 15 jenis kisi-kisi soal TKP CPNS 2021. Hal ini penting bagi anda untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi test CPNS yang akan dibuka tahun depan.

Seperti dikabarkan sebelumnya, bahwa rencananya penerimaan CPNS 2021 akan mulai dibuka pada bulan Maret tahun 2021 mendatang. Pemerintah melalui MenPAN RB juga telah memberikan sedikit bocoran mengenai jumlah kuota yang akan dibuka, termasuk formasi yang paling dibutuhkan. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi banyaknya jumlah kuota yang dibuka pada penerimaan CPNS kali ini, diantaranya adalah banyak tenaga guru yang sudah masuk masa pensiun, masih kosongnya formasi pada penerimaan CPNS tahun 2019 hingga kebutuhan tenaga medis dalam masa pandemi ini. 

Setidaknya ada kuota 1 juta untuk tenaga pendidik dan 200.000 untuk tenaga medis. Namun tidak hanya itu, dipercaya banyak dari berbagai kementerian juga membuka lowongan CPNS 2021, seperti Kemenkumham, Kemendikbud, Kementerian Pertanian dan lain-lain. Ini merupakan peluang sangat besar bagi anda yang berminat untuk menjadi abdi negara sebagai PNS. 

Mengambil pelajaran dari penerimaan CPNS 2019, khususnya untuk anda yang sudah pernah ikut serta berkompetisi. Tentu, sedikit banyak bisa mempelajari seperti apa ciri-ciri dan gambaran test SKD yang telah lalu. Nah, pada kesempatan ini kami ingin sedikit mengulas tentang Kisi-kisi Test SKD 2021 yang diharapkan dapat membantu anda dalam mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi test SKD 2021 yang akan datang. 

Berkaca dari penerimaan test SKD CPNS 2019, banyak pelamar yang harus gagal pada fase ini. Tidak lain karena para pelamar kurang siap dalam menghadapai test tersebut. Maka dari itu dalam artikel singkat ini kami hadirkan 15 kisi-kisi test SKD CPNS 2021 untuk kita pelajari bersama.

Berikut ini 15 jenis kisi-kisi soal test SKD 2021 yang kami himpun dari berbagai sumber, semoga bermanfaat!

1. Soal TKP Jenis Sosial Budaya

Pertanyaan seputar unsur kebijakan publik.

Jawaban mengarah kepada perbuatan terpuji, seperti anti korupsi, jujur dan bersih.

2. Soal TKP Jenis Pelayanan Publik

Pertanyaan berkaitan dengan pelayanan publik

Jawaban lebih mengarah kepada cara kita untuk memberikan pelayanan yang ramah dan mudah di pahami oleh publik. Lebih mengutamakan kepentingan orang banyak dari pada keuntungan pribadi.

3. Soal TKP Jenis Profesionalisme

Pertanyaan didalamnya berkaitan dengan sikap profesionalme kita dalam menjalankan tugas. Apakah anda lebih mengutamakan kepentingan pribadi atau kepentingan orang banyak sesuai tugas pokok. Biasanya anda disini diberikan beberapa pilihan yang nilainya hampir sama, namun mempunyai mutu yang berbeda juga.

Untuk menjawab pertanyaan seperti ini, anda harus fokus terhadap profesionalisme tanpa memikirkan gangguan apapun. 

4. Soal TKP berkaitan tentang jalinan hubungan atau Kemitraan

Pada soal-soal TKP yang seperti ini, terdapat kandungan nilai kinerja anda dalam menjalin hubungan dengan rekan kerja atau atasan. 

Maka, untuk menjawabnya, anda perlu mencerminan sikap terbuka, mudah bergaul dan tidak mudah patah semangat.

5. Soal TKP tentang Integrasi Diri

Pertanyaan-pertanyaan yang mengindikasikan jenis ini, berarti anda diminta untuk mengambil sikap atas kejadian-kejadian tertentu.

Untuk menjawabnya, pilihlah jawaban yang menyiratkan sifat bersih, jujur, anti korupsi dll. Fokus kepada diri sendiri.

6. Soal TKP tentang semangat berprestasi

Pada soal-soal seperti ini, anda akan dihadapkan pada pilihan jawaban tentang tanggapan terhadap tantangan dalam suatu pekerjaan. Anda diminta untuk menyelesaikan sebuah masalah yang erat kaitannya dengan bidang pekerjaan itu sendiri. 

Maka, yang harus dipilih adalah jawaban yang mencerminkan rasa antusias dalam menyelesaikan tantangan tersebut. Sikap kerja keras, pantang menyerah , selalu berusaha dan suka akan sebuah tantangan.

7. Soal TKP tentang Kreativitas dan Inovatif.

Ada unsur baru dalam pekerjaan. Maka yang dibutuhkan adalah daya kreatifitas dan inovasi anda dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Anda membutuhkan sesuatu yang inovativ, berbeda dari yang lain.

8. Soal TKP Jenis Orientasi Pada Pelayanan

Adapun contoh soalnya adalah mengenai pelayanan kepada pihak luar/orang lain. 

Jawabannya adalah kepentingan orang banyak lebih diutamakan daripada kepentingan kelompok atau golongan tertentu.

9. Soal TKP Jenis Orientasi Pada Orang Lain.

Ciri-ciri soalnya adalah ketika anda berada dalam suatu kelompok. 

Untuk menghadapi soal-soal seperti ini, anda juga dituntut untuk lebih mementingkan orang lain dalam satu kelompok itu, contohnya rekan kerja.

10. Soal TKP Jenis Kemampuan Beradaptasi

Ciri-ciri pertanyaannya adalah berupa datangnya hal-hal baru dalam linkungan pekerjaan. Misalnya, rekan kerja, system atau atasan yang baru. 

Jawabannya adalah sikap yang mencerminkan mudah bergaul yang anda miliki, aktif dan berani mencoba hal-hal baru.

11. Soal TKP Jenis Pengendalian Diri

Contoh soalnya adalah ketika anda dihadapkan pada suatu ujian dalam linkungan kerja, misalnya bangkrut, rugi, mendapat penolakan atau ujian apapun. 

Untuk menyelesaikan soal-soal seperti ini, cari jawaban yang menggambarkan kesabaran dalam menerima kenyataan.

12. Soal TKP Jenis Bekerja Mandiri

Ciri soalnya adalah anda dihadapkan pada sesuatu yang menghalangi pekerjaan, misalnya karena sakit, ada tugas lain atau ada rapat. 

Kuncinya ada pada kemampaun anda dalam menyelesaikan tugas tersebut secara mandiiri hingga tuntas. 

13. Soal TKP Jenis Kemampuan Bekerja Berkelanjutan

Ciri-ciri soalnya adalah tentang bimbel, diklat, pendidikan dan kursus.

Jika anda menemukan soal-soal seperti ini, kunci jawabannya adalah keinginan belajar yang tinggi dan terus menerus.

14. Soal TKP Jenis Bekerjasama atau Kelompok

Yaitu ketika anda dihadapkan pada soal yang berkaitan dengan tugas kelompok.

Jawabannya adalah sikap anda ketika berada dalam kelompok, maka berikan jawaban yang menggambarkan kerjasama dalam kelompok.

15. Soal TKP Jenis Kemampuan Menggerakkan atau Mengkoordinir Orang Lain.

Contoh soalnya adalah posisikan anda sebagai atasan yang harus memimpin bawahannya. Pertanyaannya tentang bagaimana cara anda memimpin mereka agar tim kerja anda terkoodinir dengan baik.

Maka jawabannya adalah bagaimana kepiawaian dalam memimpin, memberikan tugas kepada orang yang tepat. Dapat memberikan perintah kepada bawahan anda sesuai kadar posisi anda sebagai pimpinan dengan jelas, agar sang bawahan mampu menyelesaikannya dengan penuh tanggungjawab. Disini juga sikap leadership yang anda miliki perlu dimunculkan. 

Tentunya untuk menyelesaikan Test CPNS nanti ada banyak hal yang perlu dipelajari. Namun setidaknya 15 poin diatas dapat memberikan gambaran kepada anda apa dan bagaimana cara menyelesaikan soal-soal yang akan kita temui. Demikian artikel ini seadanya saja. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Kisi-kisi TKP CPNS 2021: 15 Poin Penting yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel