-->

IKLAN RESPONSIF

Syarat dan Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020

KIP adalah bantuan Pemerintah kepada mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik dan mau untuk terus belajar, namun ia sendiri tidak mampu untuk membiayainya sendiri. 

Nah, kabarnya pada tahun ini Pemerintah akan membuka pendaftaran kepada lulusan SMA/Sederajat untuk ikut serta dalam program ini. Pemerintah akan membuka lowongan atau calon mahasiswa sebanyak 818.000 di seluruh Indonesia. Rinciannya, 418.000 adalah mahasiswa yang berasal dari penerimaan bidikmisi 2016-2019 dan selebihnya 400.000 adalah calon penerima KIP Kuliah tahun ini. Mungkin ada di antara sobat atau saudara terdekat disekitar anda yang tertarik untuk ikut mendaftar KIP mahasiswa, jangan sia-siakan kesempatan yang baik ini. 



Sebelum lebih jauh mengenai cara pendaftaran KIP mahasiswa ini, perlu sobat ketahui KIP mahasiswa ada 2 jenis, yang pertama KIP Mahasiswa kategori Umum dan yang kedua KIP Kategori khusus atau biasa juga disebut dengan Afirmasi.

KIP mahasiswa kategori umum diperuntukkan bagi siapa saja yang berminat tidak dibatasi dengan persyaratan tertentu. Sedangkan KIP Afirmasi diperuntukan bagi orang-orang tertentu misalnya, ia seorang warga Papua dan Papua Barat, penyandang difabel, terdampak bencana dan wilayah konflik.

Meskipun KIP mahasiswa akan mulai berlaku tahun 2020 ini, sobat tidak perlu khawatir dengan program yang sudah berjalan. Seperti bidikmisi dan Afirmas, keduanya masih terus berjalan hingga si mahasiswa menyelesaikan pendidikannya di kampus.

KIP Mahasiswa diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan sudah lulus dari SMA/SMK/MA tahun ajaran 2018-2020. 

Waktu Pendaftaran

Jika diantara pembaca merupakan salah satu diantaranya, anda bisa melakukan pendaftaran secara online melalui portal kemdikbud, pada situs kip-kuliah.kemdikbud.go.id mulai awal Maret 2020 nanti. 

Persaipkan terlebih dahulu NIK yang ada pada Kartu Keluarga, NISN, NPSN dan alamat email.

Jika pelamar atau pemohon tersebut tergolong kurang mampu namun tidak memiliki KIS atau keluarganya tidak mempunyai KKS, mereka tetap punya kesempatan untuk mendaftar KIP mahasiswa dengan syarat ia lolos verifikasi data oleh Perguruan Tinggi bersangkutan terlebih dahulu.

Syarat dan Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2020

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan dengan media online, hal ini bisa dilakukan dimana dan kapan saja anda berada. Selain itu, pendaftaran KIP Kuliah dijamin gratis sesuai dengan keterangan yang ada pada portal kip kuliah di atas. 

Jika anda beruntung dan berhasil mendapatkan KIP Kuliah ini, anda akan mendapatkan pendidikan gratis serta tunjangan hidup sebesar Rp. 700.000/bulan. Sangat disayangkan kalau kesempatan ini jika disia-siakan begitu saja. 

Namun untuk mendapatkannya, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi, diantaranya : 

  1. Penerima/calon penerima KIP Kuliah adalah orang yang sudah lulus dari SMA/SMK/MA pada tahun berjalan atau paling lama dua tahun sebelumnya (2018-2019).
  2. Penerima KIP Kuliah adalah mereka yang mempunyai riwayat pendidikan yang baik, sedangkan ia tidak memiliki kemampuan untuk membiayainya sendiri, ini dibuktikan dengan dokumen yang sah.
  3. Penerima adalah lulusan pada tahun berjalan dan orang tuanya mempunyai/terdaftar pada KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)
  4. Penerima KIP Kuliah adalah lulusan SMA/Sederajat yang mempunyai riwayat pendidikan baik dan mempunyai KIS
  5. Penerima KIP Kuliah harus lolos seleksi penerimaan Mahasiswa di PTN/PTS tempat ia mendaftar kuliah dengan program studi terakreditasi A,B atau C dengan pertimbangan khusus jika memunginkan.
  6. Jika ia tidak memiliki KIS atau KKS, maka ia bisa mendapatkan bantuan biaya sesuai dengan ketentuan, seperti ketidakmampuan secara ekonomi.
Untuk mendaftarnya, anda bisa membuka link situs yang sudah disediakan di atas, atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi di Play Store dengan nama aplikasi KIP Kuliah Mobile Apps. Kemudian lakukan langkah-langkah dibawah ini. 

  1. Lakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor NIK, NISN,NPSN dan masukkan alamat Email yang masih aktif
  2. Jika validasi data berjalan sukses, anda akan diberikan link akun melalui Email yang sudah didaftarkan tadi, periksa kotak masuk Email anda. 
  3. Untuk menyelesaikan proses pendaftaran, pilih terlebih dahulu jalur yang akan digunakan (SNPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN atau Mandiri) 
  4. Bagi calon penerima yang sudah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, selanjutnya akan dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi tersebut. 

0 Response to "Syarat dan Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel