-->

Ads 720 x 90

7 Tips Jitu Menghadapi Test SKB CPNS 2020

Selamat untuk anda yang kemarin telah lolos saat test SKD, dan saatnya kini anda untuk bersiap menghadapai langkah selanjutnya yaitu Test SKB CPNS 2020. Nah, bagi yang belum tahu kabarnya Badan Kepegawaian Negara bakalan mengadakan Test SKB antara 25 Maret hingga 10 April 2020 baik itu instansi pusat maupun daerah. 



Nah, perlu kita tahu juga kalau test SKB ini berbeda dengan Test SKD kemarin. Apa bedanya? Pada test SKB kita akan mendapatkan soal-soal yang berbeda antara satu instansi dengan instansi yang lain. Sedangkan pada test SKD yang telah lalu, soal-soal test dibuat sama untuk semua instansi. 

Sebelum kita hadapi yang namanya soal-soal SKB, ada baiknya kita persiapkan terlebih dahulu hal-hal penting agar saat kita menghadapi soal SKB nanti sudah mempunyai gambaran jawabannya. 

Berikut ini kami bawakan beberapa tips jitu agar anda bisa lolos dalam menghadapi Test SKB 2020. 

1. Ketahui Jenis-jenis Ujian yang akan dihadapi

Ibaratnya kita akan menaklukan sebuah tantangan, seharusnya kita kenali dulu jenis tantangan tersebut. Misalnya kita harus melewati sebuah kota yang belum sekalipun kita pernah kesana. Nah untuk menghadapinya, kita pelajari dulu apa sih yang ada disana, nama gedung, nama jalan, nama warganya dan lain-lain. 

Nah, untuk SKB itu sendiri ada beberapa jenis test yang harus kita lewati : 


  • Computer Assisted Test
  • Test Potensi Akademik
  • Test Praktek Kerja
  • Test Bahasa Asing
  • Test Fisik dan Kesamaptaan
  • Psikotest
  • Test Kesehatan Jiwa
  • Wawancara
Namun tidak semua pelamar menghadapi test yang sama, misalnya bagi pelamar untuk Kemenkumham, mereka tidak menghadapi CAT tetapi akan menyelesaikan test dibidang Fisik dan Kesemaptaan. 

2. Pahami dulu posisi jabatan yang dilamar

Selanjutnya ketahui terlebih dahulu tentang jabatan yang akan dilamar, ini bermanfaat bagi kita untuk mengetahui kisi-kisi CAT yang akan dihadapi. 

Umumnya, formasi atau formasi dibagi menjadi dua, Jabatan Fungsional Tertentu dan Jabatan Pelaksana. Jabatan Fungsional Tertentu contohnya seperti tenaga medis, Guru atau  teknisi penerbangan, sedangkan jabatan pelaksana contohnya seperti pranata pemadam kebakaran.

Kita bisa mempelajari nomenklatur yang ada pada situs KemenPAN-RB, dengan banyak mempelajarinya kita akan sedikit tahu tentang soal-soal yang akan kita hadapi di Test SKB. 

Sedangkan bagi pelamar Jabatan Pelaksana dapat mempelajari di PermenPAN-RB Nomor 25 tahun 2016. 

3. Tahu Jadwal dan Tepat Waktu

Disiplin adalah kuncinya, kesempatan tidak datang dua kali. Pergunakan waktu dengan sebaik-baiknya agar persiapan kita selama ini tidak melayang begitu saja hanya karena terlambat datang. 

Datang ke tempat test sebelum waktu yang ditentukan itu lebih baik daripada harus datang ketika jadwal test telah siap dilaksanakan. Biasanya sebelum pelaksanaan test ada kegiatan yang tidak bisa kita tinggalkan begitu saja. Misalnya absensi, arahan panitia, penitipan baran yang seharusnya tidak menjadi kendala yang berarti bagi kita.

4. Pelajari isu yang berkembang saat ini

Memahami isu yang tengah berkembang saat ini sangat bermanfaat bagi peserta test SKB. Kita akan lebih banyak mengetahui keadaan terbaru di sekitar kita. Dengan selalu memperbanyak wawasan, kita juga lebih banyak mempunyai perbendaharan pengetahuan yang tetntunya akan sangat berguna dalam menghadapi Test SKB nanti. 

5. Bangun kepercayaan pada diri sendiri

Caranya adalah dengan memahami kelebihan dan kekurangan pada diri kita sendiri. Semakin tahu akan kelebihan dan kekurangan, akan membangkitkan kepercayaan pada diri sendiri. Hal ini akan sangat berguna untuk menghadapi test wawancara.

6. Sering berlatih soal

Tips selanjutnya, jangan bosan melakukan latihan untuk menyelesaikan soal-soal SKB. Ini bermanfaat bagi intelejensi kita agar terbiasa dengan soal-soal yang kadangkala mengecoh, bahkan memusingkan kita. Biasanya soal-soal test berupa pertanyaan-pertanyaan panjang yang membutuhkan fokus tingkat tinggi. Jika tidak seksama dalam menganalisa soal, bukan tidak mungkin kita akan salah memilih jawaban. 

7. Jangan lupa berdoa

Lebih dari semua yang sudah kita bahas diatas adalah jaga hubungan dengan Sang Pencipta. Selain memberikanmu keyakinan, cara ini juga ampuh untuk menyelesaikan berbagai persoalan termasuk untuk menghadapi Test SKB. 

Mengapa peserta yang lulus Passing Grade belum tentu masuk SKB?

Peserta Test CPNS yang telah lulus SKD ternyata belum bisa dipastikan akan ikut Test SKB. Mengapa? karena ada yang disebut dengan pengolahan perengkingan, berikut ini penjelasannya.

Cara perhitungan yang berlaku di BKN agar peserta bisa lolos test SKB adalah dengan memperhatikan jumlah kebutuhan formasi dikalikan tiga. BKN akan melakukan perankingan dengan mendata semua nilai peserta lalu dikalikan 3 dari kebutuhan formasi.

Sebagai contoh, kebutuhan tenaga pengajar di Sekolah A adalah 2 orang, sedangkan yang lulus Passing Grade ada 15 orang dari 30 Peserta SKD. Maka yang akan diikutsertakan dalam test SKB adalah 2 kebutuhan formasi dikalikan 3 peserta yang lolos SKD. Berarti ada 6 orang dengan nilai tertinggi yang mempunyai hak untuk ikut serta di ujian/test SKB.

.
Sementara, bagi peserta yang pernah mengikuti SKD pada tahun sebelumnya, perhitungan pengolahan nilai SKD untuk bisa melanjutkan ke SKB, juga wajib menyertakan hasil SKD peserta seleksi CPNS 2018, yang memenuhi passing grade SKD dan masuk dalam 3 kali formasi jabatan yang di lamar.

"Dengan catatan peserta tersebut dinyatakan tidak lulus sampai dengan tahap akhir (P1/TL). P1TL itu merupakan peserta seleksi CPNS 2018 yang lulus passing grade SKD, dan masuk dalam tiga kali formasi itu. Penyertaan nilai SKD ini khusus untuk pelamar yang tidak mengikuti ulang tes SKD tahun ini," urai Hafif.

Dimana saya bisa mengetahui lulus atau tidaknya test SKD dan SKB? 

Nilai hasil test SKD dan SKB akan di olah oleh penyelenggara SKD dan BKN, nantinya akan dilakukan tahap rekonsiliasi data hasil SKD.

Selanjutnya hasil rekonsiliasi tersebut akan di setujui oleh BKN dan di Signature dalam System Portal SSCASN masing-masing akun  peserta test untuk di unduh.

Kita juga dapat mengeceknya di masing-masing instansi yang didaftar.

Dekatkan diri kita kepada-Nya agar semua urusan berjalan lancar dan jalan menuju cita-cita semakin terbuka lebar. 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter