-->

IKLAN RESPONSIF

Kisi-kisi SKB CPNS 2019

Test Kompetensi Bidang (SKB) merupakan bagian akhir dari proses seleksi CPNS. Karena satu bidang dengan bidang lainnya berbeda, maka bagi para pelamar harus benar-benar memperhatikan setiap soal-soal yang diberikan. Berikut ini adalah bocoran soal-soal SKB dari BKN agar anda bisa menyelesaikan soal-soal tersebut dengan baik.



1. Pahami Jabatan yang dilamar

Hal pertama yang harus anda pahami adalah Jabatan Fungsional Tertentu dan Jabatan Pelaksana. Dengan memahami kedua jenis jabatan tersebut, maka anda akan lebih mudah menyelesaikan soal-soal yang dihadapi.

2. Tentukan Jenis Jabatan Fungsional Tertentu

Jenis jabatan semacam ini bisa dilihat seperti jabatan guru, apoteker, dokter dan lainnya.

3. Jabatan Pelaksana

Jenis jabatan yang masuk dalam kategori ini seperti Analisis Kerjasama, Akuntabilitas kinerja dan lainnya. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentanj jenis Jabatan Pelaksana ini, anda bisa membuka kembali Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 25 Tahun 2016. Didalamnya terdapat penjelasan secara rinci tentang nomenklatur Jabatan Pelaksana.

4. Test Wawancara dan Kesamaptaan

Kesamaptaan adalah test kejasmanian dan kesehatan, sedangkan test wawancara adalah test yang dilakukan dengan cara tanya jawab secara face to face.

Berikut ini adalah pelaksanaan SKB :


  1. Jumlah peserta yang dapat mengikuti SKB paling banyak tiga kali jumlah kebutuhan/formasi setiap jabatan berdasarkan peringkat nilai SKD.
  2. Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional.
  3. Pelaksanaan dan materi SKB di Instansi Pusat selain dengan CAT dapat pula berupa:

  • Tes potensi akademik
  • Tes praktek kerja
  • Tes bahasa asing, tes fisik/kesamaptaan
  • Psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara sesuai yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan paling sedikit dua jenis/bentuk tes
  1. Materi SKB untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang bersesuaian/masih satu rumpun dengan Jabatan Fungsional terkait
  2. Jabatan yang bersifat sangat teknis/keahlian khusus, seperti: Pranata Komputer, SKB dapat dilakukan dalam bentuk tes praktik kerja
  3. Instansi Daerah yang menyelenggarakan SKB selain dengan CAT, wajib menetapkan pedoman/panduan pelaksanaan SKB dan menyampaikan kepada Menteri dengan tembusan Kepala BKN selaku Ketua Tim Pelaksana Panselnas, satu minggu sebelum pelaksanaan SKD dimulai.




0 Response to "Kisi-kisi SKB CPNS 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel