-->

IKLAN RESPONSIF

Alur Pendaftaran CPNS Beserta Berkas Wajib yang Harus di Persiapkan

Pena-indigo.com - Bersama dengan dibukanya portal resmi milik Badan Kepegawaian Nasional pada portal sscasn.bkn.go.id , tentu membuat para calon pelamar CPNS sibuk untuk mengumpulkan berkas dan berbagai persyaratan lainnya. Dengan berbagai tawaran gaji yang menggiurkan, tentu menjadi PNS adalah impian bagi semua orang. 


Namun, disamping mempersiapkan berkas-berkas penting tersebut, sudahkah anda mengetahui alur dan tata cara pendaftaran yang benar? mari kita bahas bersama-sama di sini.


  1. Langkah pertama, pelamar harus masuk terlebih dahulu ke portal resmi milik BKN, yakni sscasn.bkn.go.id .
  2. Selanjutnya, buatlah akun dengan menggunakan No. NIK ( Nomor Induk Kependudukan ) yang terdapat pada KTP atau KK.
  3. Jika sudah mendaftar, maka sekarang login dengan menggunakan No. NIK yang sudah didaftarkan tadi
  4. Unggah foto diri dengan memegang Tanda Identitas (KTP)
  5. Lengkapi data diri dengan benar sesuai dengan data kependudukan
  6. Pelamar dipersilahkan untuk mengisi formasi dan jabatan sesuai dengan pendidikan
  7. Unggah dokumen/persyaratan yang diperlukan sesuai dengan permintaan formasi
  8. Jika sudah selesai maka cek terlebih dahulu dan cetak kartu pendaftaran tersebut
Setelah langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, maka sekarang anda menunggu, apakah langkah-diatas diterima atau tidak.

Berkas Persyaratan

Bagi para pelamar CPNS, hendaknya mempersiapkan syarat-syarat wajib yang harus di unggah pada saat pemberkasan, anda bisa mengunduhnya melalui link yang sudah disediakan.

- Daftar Riwayat Hidup Unduh Via Google Drive
- Surat Lamaran Kerja Unduh Via Google Drive
- Surat Pernyataan Mendaftar Unduh Via Google Drive 

Materi Soal-soal Test CPNS


Hal penting lain yang tak boleh dilewatkan adalah materi/kisi-kisi soal yang sangat berguna bagi pelamar untuk mengasah kemampuannya sebelum bertarung menghadapi test di kemudian hari. Berikut ini kami bawakan beberapa diantaranya : 

1. Materi Test Wawasan Kebangsaan

Materi ini termasuk dalam TKD (Test Kompetensi Dasar), didalamnya terdapat soal-soal secara umum belum mengerucut kepada bidang formasi yang anda pilih. Test Wawasan Kebangsaan ingin mendapatkan informasi sejauh mana penguasaan anda dalam ilmu pengetahuan kebangsaan yang terangkum dalam 4 pilar kebangsaan. Agar anda dapat sedikit mengetahui bagaimana kurang lebihnya, anda bisa mengunduhnya melalui Link Via Google Drive.


2. Materi Test Intelejensi Umum (TIU)

Berisikan 30 soal yang akan mengetes anda dalam berpikir logis, menguji tingkat intelejensi calon PNS. Anda bisa mencobanya dengan mengunduh pada link Google Drive

3. Test Karakteristik Pribadi (TKP)

Pada test ini, para pelamar akan di uji tingkat kepribadiannya, anda akan di uji dari segi emosi dan kognisi. Jika anda ingin mengasah kepribadian anda sendiri dengan sukses, cobalah dengan 35 soal test pada link Google Drive

Nah, demikianlah alur lengkap dan cara pendaftaran secara online yang dilengkapi dengan berkas persyaratan yang wajib dipersiapkan sebelum anda benar-benar bertarung dengan soal-soal CPNS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Alur Pendaftaran CPNS Beserta Berkas Wajib yang Harus di Persiapkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel